Makalah
"Segmentasi pasar"
"Segmentasi pasar"
Bab I
Pendahuluan
Untuk kepentingan kesuksesan usaha,
maka segmen atau sasaran pasar yang dituju harus disebutkan dengan jelas.
Sebab, berkaitan dengan kemudahan usaha yang dijalankan. Selain itu,
perencanaan merupakan salah satu fungsi utama dari seorang pendiri ataupun
pemimpin yang berkaitan erat dengan penggambaran tujuan yang akan dicapai. Namun,
tentu saja perencanaan usaha yang dibuat harus disesuaikan dengan skala usaha,
jenis atau bidang usaha yang dilakukan. Berikut ini dapat dipahami mengenai
segmentasi pasar.
BAB II
Pembahasan
Segmentasi pasar adalah kegiatan
membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang
memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin
membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga
dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli
di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
Selain itu, kreativitas untuk
merekayasa dalam kecanggihan teknologi adalah hal yang mampu memfasilitasi
berkembangnya segmentasi pasar. Pada awal akan membuat atau mengadakan suatu
produk (barang atau jasa) ,kita harus berorientasi ke pasar: pada kebutuhan dan
kemauan konsumen. Kebutuhan dan kemauan itulah yang menimbulkan permintaan atas
suatu produk. Ini yang akan menjadi sebuah segmentasi dalam pertumbuhan
ekonomi.
Dalam penetapan
segmentasi pasar, terdapat beberapa hal yang menjadi dasarnya yaitu :
Dasar–dasar
segmentasi pasar pada pasar konsumen
- Variabel geografi
Variabel tersebut, antara lain:
wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.
- Variabel demografi
Variabel tersebut, antara
lain: umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan, dan lain-lain
- Variabel psikologis
Variabel
tersebut, antara lain: kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
Variabel
tersebut, antara lain: manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian,
status kesetiaan dan sikap pada produk.
Dasar–dasar
segmentasi pada pasar industri
- Tahap 1, yaitu menetapkan segmentasi makro, yakni pasar pemakai akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan.
- Tahap 2, yaitu sikap terhadap penjual, ciri–ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.
Syarat
Ada beberapa
syarat segmentasi yang efektif, yaitu:
- Dapat diukur
- Dapat dicapai
- Cukup besar atau cukup menguntungkan
- Dapat dibedakan
- Dapat dilaksanakan
Pembelian
mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi
pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada
beberapa tingkat yang berbeda. Tingkat segmentasi pasar yaitu :
- Pemasaran massal
Pemasaran
massal berfokus pada produksi massal, distribusi
massal, dan promosi
massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.
- Pemasaran segmen
Pemasaran
segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku
pembelian.
- Pemasaran ceruk
Pemasaran ceruk
(marketing niche) berfokus pada sub-group di dalam segmen-segmen.
Suatu ceruk adalah suatu grup yang didefiniskan dengan lebih sempit.
- Pemasaran mikro
Praktik
penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu
atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan
pemasaran individu.
Manfaat
Manfaat dari
segmentasi pasar adalah:
- Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan-kesempatan pemasaran.
- Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.
- Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya
Salah satu alasan utama untuk menggunakan segmentasi pasar adalah untuk
membantu perusahaan untuk lebih memahami kebutuhan basis pelanggan
tertentu. Pemasaran massal mengasumsikan bahwa semua pelanggan adalah
sama dan akan menanggapi iklan dengan cara yang sama. Dengan kita
memandang ada kelompok pelanggan potensial yang berbeda satu sama lain,
maka pesan pemasaran dapat lebih tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan
dan keinginan orang-orang. Pengusaha yang melakukan segmentasi pasar akan berusaha mengelompokkan
konsumen kedalam beberapa segmen yang secara relatif memiliki
sifat-sifat homogen dan kemudian memperlakukan masing-masing segmen
dengan cara atau pelayanan yang berbeda.
Bab
III
Penutup
Dari penyusunan strategi segmentsasi
pasar harus ada kepekaan dalam menganalisis keinginan konsumen dan permintaan
produk yang berbeda-beda. Hal ini dilakukan agar kita dapat membuat kesimpulan
dari kombinasi peluang usaha dan tantangan yang mungkin timbul untuk digunakan
sebagai bahan perencanaan.
Demikian makalah ini disampaikan,
semoga bermanfaat bagi kita semua.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar