Selasa, 02 Juli 2013

Makalah "Segmentasi pasar"



Makalah
"Segmentasi pasar"
  

Bab I
Pendahuluan

            Untuk kepentingan kesuksesan usaha, maka segmen atau sasaran pasar yang dituju harus disebutkan dengan jelas. Sebab, berkaitan dengan kemudahan usaha yang dijalankan. Selain itu, perencanaan merupakan salah satu fungsi utama dari seorang pendiri ataupun pemimpin yang berkaitan erat dengan penggambaran tujuan yang akan dicapai. Namun, tentu saja perencanaan usaha yang dibuat harus disesuaikan dengan skala usaha, jenis atau bidang usaha yang dilakukan. Berikut ini dapat dipahami mengenai segmentasi pasar.


BAB II
Pembahasan
            Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
            Selain itu, kreativitas untuk merekayasa dalam kecanggihan teknologi adalah hal yang mampu memfasilitasi berkembangnya segmentasi pasar. Pada awal akan membuat atau mengadakan suatu produk (barang atau jasa) ,kita harus berorientasi ke pasar: pada kebutuhan dan kemauan konsumen. Kebutuhan dan kemauan itulah yang menimbulkan permintaan atas suatu produk. Ini yang akan menjadi sebuah segmentasi dalam pertumbuhan ekonomi.
Dalam penetapan segmentasi pasar, terdapat beberapa hal yang menjadi dasarnya yaitu :
Dasar–dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen
  • Variabel geografi
Variabel tersebut, antara lain: wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.
  • Variabel demografi
Variabel tersebut, antara lain: umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan, dan lain-lain

  • Variabel psikologis
Variabel tersebut, antara lain: kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
Variabel tersebut, antara lain: manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada produk.
 


Dasar–dasar segmentasi pada pasar industri
  • Tahap 1, yaitu menetapkan segmentasi makro, yakni pasar pemakai akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan.
  • Tahap 2, yaitu sikap terhadap penjual, ciri–ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.
Syarat
Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif, yaitu:
  • Dapat diukur
  • Dapat dicapai
  • Cukup besar atau cukup menguntungkan
  • Dapat dibedakan
  • Dapat dilaksanakan
           
            Pembelian mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda. Tingkat segmentasi pasar yaitu :
  • Pemasaran massal
Pemasaran massal berfokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.
  • Pemasaran segmen
Pemasaran segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.
  • Pemasaran ceruk
Pemasaran ceruk (marketing niche) berfokus pada sub-group di dalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu grup yang didefiniskan dengan lebih sempit.
  • Pemasaran mikro
Praktik penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.


 

 

Manfaat
Manfaat dari segmentasi pasar adalah:
  • Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan-kesempatan pemasaran.
  • Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.
  • Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya

 Salah satu alasan utama untuk menggunakan segmentasi pasar adalah untuk membantu perusahaan untuk lebih memahami kebutuhan basis pelanggan tertentu. Pemasaran massal mengasumsikan bahwa semua pelanggan adalah sama dan akan menanggapi iklan dengan cara yang sama. Dengan kita memandang ada kelompok pelanggan potensial yang berbeda satu sama lain, maka pesan pemasaran dapat lebih tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan orang-orang. Pengusaha yang melakukan segmentasi pasar akan berusaha mengelompokkan konsumen kedalam beberapa segmen yang secara relatif memiliki sifat-sifat homogen dan kemudian memperlakukan masing-masing segmen dengan cara atau pelayanan yang berbeda.

Bab III
Penutup

            Dari penyusunan strategi segmentsasi pasar harus ada kepekaan dalam menganalisis keinginan konsumen dan permintaan produk yang berbeda-beda. Hal ini dilakukan agar kita dapat membuat kesimpulan dari kombinasi peluang usaha dan tantangan yang mungkin timbul untuk digunakan sebagai bahan perencanaan. 
            Demikian makalah ini disampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua.







 

 
















  







Tidak ada komentar:

Posting Komentar